Senin, 05 Mei 2014

RESUME PERKULIAHAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN


Multimedia Pembelajaran
OLEH : Dr.Irwanto,MT,MM

Dalam pendidikan nasional terdapat Peraturan Pemerintah (PP) no 19 dimana didalamnya pendidikan Indonesia harus memiliki standar. Terdapat 8 standar untuk mencapai pendidikan Indonesia yang baik diantaranya adalah :
  1. Standar isi 
  2. Standar proses
  3. Standar tenaga
  4. Standar pengelolaan
  5. Standar pembiayaan
  6. Standar sarana prasarana
  7. Standar lulusan
  8. Standar penilaian
Untuk mencapai pembelajaran yang baik, tentunya perlu peran guru memilih metode dan cara untuk dapat menarik motivasi siswa belajar, salah satunya adalah media pembelajaran.
A.   Pengertian Media
Media secara harfiah merupakan medium/perantara atau penghantar, jadi media pembelajaran adalah sarana untuk meningkatkan kegiatan proses belajar mengajar
Secara arti media merupakan segala benda yang dimanipulasi, dilihat, didengar, dibaca atau dibicarakan beserta instrument yang digunakan. Maksudnya adalah media bisa sebuah alat sehari-hari yang tidak terfikirkan oleh kita namun dapat membantu kita untuk menerangkan sesuatu kepada orang lain.
B.    Pemilihan Media
Ciri utama dari media yakni bahwa media memiliki unsur suara, visual dan gerak. Media memiliki klasifikasi diantaranya :
·         Audio visual gerak/diam : contohnya  film
·         Visual gerak/diam contohnya foto
·         Audio contohnya : rekaman music
·         Cetak : Koran, majalah, buku dll
Dalam memilih media perlu mempertimbangkan :
·         Tujuan yang ingin dicapai
·         Karakteristik siswa/sasaran
·         Jenis rangsangan belajar yang diinginkan (audio, visual, gerak)
·         Keadaan lingkungan setempat
·         Luasnya jangkauangan yang ingin dilayani
C.    Perkembangan Media

Media tak langsung (Offline)
Media langsung (online)
Media Rekam

  • Orang lain
  • Buku
  • Kaset
  • Film
  • Komputer
  • Orang lain
  • Alam (bunyi, cahaya)
  • Alat elektronika (telpon, radio, televisi)
  •  Internet
  • Tanah, dinding gua
  • Batu, daun
  • Kertas
  • Media magnetic
  •  Media elektrik
           Perkembangan media dalam pembelajaran
Alat
Offline
Online
Teks
Buku, majalah, surat kabar, jurnal
E-book,
e-magazine,
e-news, e-journal
Suara
Tape player/recorder
Radio, telepon
Photo, gambar, teks
Slide projector

Film, suara, teks
Film projector
Video player/recorder
Televisi
Multimedia
Komputer
Internet
D.      Alasan tidak menggunakan media
Sebagian orang atau guru dalam menyikapi meggunakan media tidak sedikit enggan untuk menggunakan media. Alasan-alasan yang mengemuka adalah :
  • Menggunakan media merepotkan
  • Media itu barang canggih dan mahal
  • Tidak tahu media atau tidak bisa menggunakan
  • Media itu sekedar hiburan, belajar harus serius
  • Media itu pemborosan
  • Dari dulu tidak pakai media banyak juga orang pandai
E.       Kontribusi media dalam pembelajaran
Perlunya media digunakan dalam masyarakat terutama dalam dunia pendidikan untuk membantu guru dalam menyampaikan pesan dalam pembelajaran. Kontribusi media dalam pembelajaran dianataranya :
  • Penyampai pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
  •  Pembelajaran dapat lebih menarik
  •  Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar
  •  Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek
  • Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan
  •  Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan
  •  Sikap positif siswa terhadap materi dan proses pembelajaran dapat ditingkatkan
  •  Peran guru berubah kearah positif
F.       Multimedia
Multimedia membantu kita dalam presentasi materi yang akan disampaikan. Multi berarti lebih dari satu dan media berarti medium atau Antara.  Jadi multi media merupakan beberapa media yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran yang berlangsung.

G.     Unsur-unsur multimedia pembelajaran
  • TEKS (dapat disajikan dalam bentuk font dan berbagai ukuran)
  •  GAMBAR (merupakan salah satu unsur terpenting dalam multimedia)
  • ANIMASI (pembentukan gambar dari berbagai media atau objek yang divariasikan dengan gerakan, transisi, efek-efek juga suara yang selaras dengan gerakan animasi)
  •  AUDIO (suatu media unik bila dibandingkan dengan media lain yang menjadi unsur multimedia)
  • VIDEO (unsur multimedia paling kompleks karena penyampaian informasi yang lebih komunikatif dibandingkan gambar biasa.) 

H.      Karakteristik Multimedia Pembelajaran
  • Memiliki lebih dari satu media yang konvergen, misalnya menggabungkan unsur audio visual.
  • Bersifat interaktif, dalam pengertian memiliki kemampuan untuk mengakomodasi respon pengguna.
  • Bersifat mandiri, dalam pengertian memberi kemudahan dan kelengkapan isi sedemikian rupa sehingga pengguna bisa menggunakan tanpa bimbingan orang lain.

I.        Fungsi Multimedia pembelajaran
  •  Mampu memperkuat respon pengguna secepatnya dan sesering mungkin.
  • Mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengontrol laju kecepatan belajarnya sendiri
  •  Memperhatikan bahwa siswa mengikuti suatu urutan yang jelas dan terkendali
  •  Mampu memberikan kesempatan adanya partisipasi dari pengguna dalam bentuk respon, baik berupa jawaban, pemilihan, keputusan, percobaan dan lain-lain.
J.        Format multimedia pembelajaran
  • TUTORIAL
  • DRILL AND PRACTISE
  • SIMULASI
  • PERCOBAAN ATAU EKSPERIMEN
  • PERMAINAN

K.      Multimedia pembelajaran
Terdapat 2 kategori multimedia pembelajaran diantaranya
1.       Multimedia linier misalnya :
Multimedia Linier merupakan suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna atau multimedia ini berjalan sekuensial/berurutan. Contoh TV dan Film.

2.       Multimedia Interaktif
Multimedia Interaktif merupakan suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contoh multimedia interaktif yaitu pembelajaran interaktif, aplikasi game dan sebagainya.

L.       Hasil pembelajaran Multimedia Pembelajaran
  • Tidak ada pembelajaran sama sekali
  •  Pembelajaran yang buruk
  •  Pembelajaran yang penuh makna.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar